Jumat, 18 September 2015

PROPOSAL BANTUAN KOMPUTER 2015

PROPOSAL 
PERMOHONAN BANTUAN KOMPUTER 2015

BAB I
PENDAHULUAN

 A.     Latar Belakang.
        Berbagai keadaan menunjukkan bahwa Indonesia belum optimal mendayagunakan potensi secara baik, sehingga Indonesia terancam kesenjangan digital (digital gap) dan semakin tertinggal dari negara-negara maju. Kesenjangan prasarana dan sarana TIK antara perkotaan dan pedesaan, juga memperlebar jurang perbedaan sehingga terjadi pula kesenjangan digital di dalam negara kita sendiri.
         Salah satu aspek terpenting dalam pembangunan bangsa adalah pendidikan. Tidak dapat dipungkiri bahwa keberhasilan pembangunan Negara-negara berkembang menjadi Negara maju yang banyak bermunculan belakangan ini karena didukung oleh tersedianya sumber daya manusia yang terdidik dalam jumlah yang memadai.
        Beberapa tantangan yang harus direspon dalam rangka penyediaan layanan pendidikan yang bermutu adalah masih belum idialnya rasio guru siswa (khususnya di daerah terpencil), rasio siswa-kelas, rasio rombongan belajar-ruang kelas, rasio sekolah-laboratorium (bahasa, IPA, TIK). Terbatasnya peralatan laboratorium seperti peralatan laboratorium IPA, Bahasa, Komputer, pusat sumber belajar berbasis TIK, dan tingkat kelayakan guru, serta kondisi gedung sekolah yang kurang layak.
        Selain itu pemanfaatan TIK belum efektif dan efisien di pemerintah maupun pelayanan publik. Padahal tata kelola pemerintahan Indonesia saat ini membutuhkan suatu sistem yang baik atau sering disebut Good Corporate Governance atau Good Goverment. TIK dapat diperankan sebagai fasilitator dalam konteks pembangunan pemerintahan yang bersih, transparan dan dapat dipertanggung jawabkan. Proses pemerintahan yang kompleks dapat dimodelkan dengan TIK yang sistematis. Selain untuk pemerintahan, TIK juga bisa sebagai fasilitator dalam peningkatan proses pendidikan, pelayanan publik, perpajakan, pertanian, berbisnis, dan lain-lain.
        Seiring dengan tuntasnya program wajib belajar pendidikan dasar 9 tahun pada tahun 2014/2015, prioritas pembangunan pendidikan pada tingkat SD bergeser dari perluasan akses pendidikan kepeningkatan mutu pendidikan dengan tetap mempertahankan tingkat akses pendidikan yang telah dicapai dengan memperluas layanan pendidikan bagi daerah-daerah yang APK-nya masih rendah. Salah satu upaya yang telah dilaksanakan melalui mekanisme dekonsentrasi.
        Oleh karena itu, peralatan TIK sangat diperlukan untuk proses pembelajaran di SD Negeri 1 Cihara Kecamatan Cihara Kabupaten Lebak – Banten, untuk menunjang tercapainya tujuan pendidikan secara menyeluruh dan menyongsong dunia digital yang akan datang. Untuk itu tidaklah berlebihan apabila pemerintah melalui Direktorat Jendral Pembinaan Sekolah Dasar memberikan bantuan atau subsidi berupa peralatan TIK sebagai sarana pembelajaran di SD Negeri 1 Cihara Kecamatan Cihara Kabupaten Lebak - Banten.

 B.     Maksud

     Maksud dari permhonan bantuan alat pembelajaran berbasis TIK ini adalah saat ini penggunaan peralatan TIK hanya sebagai media belajar bukan sebagai alat belajar. Oleh karena itu, diperlukan pengadaan peralatan TIK, sehingga peralatan TIK tidak lagi semata-mata sebagai media tetapi lebih luas pemanfaatannya sebagai alat dan sumber belajar oleh siswa dan guru.
     Kesempatan siswa untuk praktek komputer lebih luas karena secara kuantitas peralatan lebih banyak atau rasio siswa dengan peralatan lebih sedikit.

 C.     Tujuan

Tujuan dari pengadaan peralatan TIK adalah :
          1.     Terpenuhinya sarana pembelajaran yang optimal untuk mempermudah proses belajar mengajar
          2.     Semua siswa mampu mengoperasikan peralatan TIK dalam pembelajaran, artinya dalam pembelajaran mereka dapat berinteraksi dengan komputer (satu siswa satu komputer)
          3.     Semua warga sekolah mampu mengoperasikan peralatan TIK
          4.     Terwujudnya sistem informasi yang berbasis TIK

D.     Manfaat

Dari uraian diatas dapat kami uraikan manfaat yang diharapkan dengan adanya pengadaan peralatan TIK, yaitu :
           1.    Terpenuhinya sarana peralatan TIK sesuai kebutuhan
           2.    Semua siswa mampu mengoperasikan peralatan TIK sesuai dengan fungsinya
           3.    Memberikan kesempatan kepada siswa untuk praktik komputer dengan menggunakan peralatan TIK yang memadai
           4.    Semua warga sekolah baik guru dan staf tata usaha mampu mengoperasikan peralatan TIK
           5.    Sistem informasi sekolah dapat terwujud berbasis teknologi informasi

      E.    Analisis Kebutuhan Sarana dan Prasarana

        Analisis kebutuhan sarana dan prasarana peralatan TIK yang diperlukan oleh sekolah untuk meningkatkan mutu pembelajaran baik di laboratorium komputer, ruang kelas, maupun di ruang lain seperti perpustakaan adalah sebagai berikut :

No.
Nama Alat
Kebutuhan (unit)
Tersedia
Lebih
Kurang
Jumlah
Kondisi
1
Laptop
4
-
-
-
4
2
Infokus
2
-
-
-
2
3
Printer
2
-
-
-
2
4
Sound/Speaker aktif
2
-
-
-
2
5
Modem
4
-
-
-
4
6
Layar Infokus
2
-
-
-
2
7
Perangkat penyimpanan Data

1

-

-

-

1
            
        Dari tabel diatas dapatlah dilihat bahwa masih banyak sarana TIK yang diperlukan untuk menunjang proses pembelajaran di SD Negeri 1 Cihara Kecamatan Cihara Kabupaten Lebak - Banten, untuk terpenuhinya standar pelayanan kepada siswa.

F.      Potensi Sekolah dan Prioritas Pemenuhan Sarana dan Prasarana

   Dari profil dan analisis kebutuhan peralatan TIK diatas dapat diuraikan bahwa potensi sekolah untuk mendukung dan menunjang pengadaan sarana TIK sebagai berikut :
        1.         Dukungan dari Komite Sekolah sangatlah besar dari sisi moril maupun material terutama dalam pemeliharaan peralatan TIK.
        2.         Guru di SD Negeri 1 Cihara Kecamatan Cihara Kabupaten Lebak – Banten sudah saatnya tergantung pada sarana TIK dalam proses pembelajaran, dan sebagian besar telah mengikuti workshop pemanfaatan TIK dalam pembelajaran
      3.           Sudah tersedia jaringan listrik yang memadai, meskipun belum maksimal pemanfaatannya.
      4.           Sekolah berkeinginan mengembangkan sekolah berbasis teknologi informasi dan komunikasi dengan mengembangkan setiap kelas tersedia perangkat PC dan infokus. 
      5.           Kepala sekolah sangat peduli dan berkeinginan mengembangkan sekolah berbasis TIK.

            Dengan demikian pemenuhan kebutuhan peralatan sarana TIK merupakan prioritas yang utama, baik sebagai pemenuhan kebutuhan sarana pembelajaran di Laboratorium TIK, maupun kebutuhan akan sarana informasi sebagai sumber belajar dan sumber referensi di perpustakaan sekolah sehingga semakin banyak sumber belajar bagi siswa maupun warga sekolah lainnya, serta pengembangan pembelajaran berbasis TIK di setiap kelas pada tahap pengembangannya.
           

            Dari analisis kebutuhan dan potensi sekolah, dapat di prioritaskan kebutuhan sarana peralatan TIK yang diperlukan secara bertahap berupa :

1)   Leptop                         :   4 Unit.
2)   Infokus                        :   2 Unit
3)   Modem                         :   4 Paket.
4)   Printer                         :   2 Unit.
5)   Layar Infokus                :   2 Unit.
6)   Penyimpan data external    : 1 Unit.

Oleh karena itu, diperlukan sumber dana yang memadai dari subsidi untuk memenuhi sebagian kebutuhan pengadaan peralatan TIK di SD Negeri 1 Cihara Kecamatan Cihara Kabupaten Lebak - Banten.

BAB II
RENCANA PENGADAAN DAN ANGGARAN BIAYA


A.      Rencana Pengadaan Peralatan TIK
1.Pemilihan alat
a.      Proses pemilihan
  Dalam pemilihan alat yang akan diadakan terlebih dahulu dibentuk panitia Pengadaan Peralatan Laboratorium (P3L) yang dibentuk berdasarkan rapat dewan guru yang dilanjutkan dengan penerbitan SK Kepala Sekolah tentang Panitia Pengadaan Peralatan pembelajaran berbasis TIK yang diperlukan dan memprioritaskan peralatan yang paling dibutuhkan untuk kelancaran KBM di SD Negeri 1 Cihara Kecamatan Cihara Kabupaten Lebak - Banten. Selanjutnya Panitia menyusun RAB kebutuhan dan sumber dana yang digunakan.

b.      Daftar Jenis dan Jumlah Sarana TIK :
1)     Laptop       : 10 (sepuluh) unit.
2)     Infokus      :   2 (dua) unit.
3)     Printer       :   2 (dua) unit.
4)     SoundSpeaker aktif : 2 (dua) unit
5)     Modem      :  4 (empat) unit.
6)     Perangkat Penyimpanan Data : (1 unit)
7)     Layar infokus       : 2 (dua) unit










  1. Rencana Anggaran Pengadaan Peralatan TIK
NO
NAMA ALAT
JML
HAR-SAT
SUB.TOTAL
1
Laptop
 4 unit
6.600.000
26.400.000
2
Infokus
2 unit
6.300.000
12.600.000
3
Printer canon 287
2 unit
1.250.000
2.500.000
4
Sound/ Speaker aktif
2 unit
2.500.000
5.000.000
5
Modem
4 unit
750.000
3.000.000
6
Perangkat Penyimpanan Data
1 unit
1.200.000
1.200.000
7
Layar infokus
2 buah
650.000
1.300.000
Jml.Total :
52.000.000
Terbilang : Lima Puluh Dua Juta Rupiah

Catatan : Harga sudah termasuk pajak.


BAB III
RENCANA PEMANFAATAN DAN PEMELIHARAAN

A.   Rencana Pemanfaatan TIK
          Dalam Kurikulum Tingkat SD Negeri 1 Cihara Kecamatan Cihara Kabupaten Lebak - Banten, TIK merupakan salah satu mata pelajaran intrakurikuler yang wajib diikuti seluruh siswa. Metode dan strategi pembelajaran mata pelajaran teknologi informasi dan komunikasi (TIK) mencakup terutama model direct instructional, penugasan, membaca buku paket kemudian mengerjakan soal latihan. Siswa akan mendapat pengalaman belajar yang lebih nyata dengan  praktikum langsung di laboratorium. Sedangkan sumber pembelajaran teknologi informasi dan komunikasi (TIK) meliputi referensi, literatur, buku paket, silabus dan lainnya. Pengalaman pembelajaran langsung akan membuat siswa lebih mudah memahami materi pembelajaran, dan membuat pembelajaran menjadi lebih bermakna.
          Sebagai sarana instruksional maka kelengkapan sarana dan prasarana TIK dalam pembelajatan TIK sangatlah penting, apalagi sekolah juga dituntut untuk secara bertahap memenuhi SNP dengan paling tidak memenuhi standar pelayanan minimum (SPM) pada tahun 2015. Dengan terpenuhinya SPM untuk pembelajaran TIK akan semakin memudahkan sekolah memenuhi SPM pada aspek yang lain, dan semakin memotivasi siswa dalam proses belajar mengajar di kelas.
          Di samping itu siswa dan juga guru akan semakin bersemangat mencari sumber belajar melalui informasi yang tidak terbatas di dunia maya melalui jaringan internet yang tersedia dengan kelengkapan daya dukung sarana prasarananya.
         
B.   Rencana Pemanfaatan Sarana Pembejajaran Berbasis TIK
          Sejalan dengan semakin akan dilengkapinya sarana dan prasarana Pembelajaran Berbasis TIK di sekolah, maka SD Negeri 1 Cihara Kecamatan Cihara Kabupaten Lebak – Banten, dalam waktu dekat akan segera merealisasikan pemanfaatan secara maksimal, yang diawali dari penggunaan perangkat di atas  dalam kegiatan pembelajaran. Selain sebagai alat pembelajaran tersebut, yang harus tentu saja guru akan termotivasi untuk menggali informasi berupa strategi, ataupun media pembelajaran yang didapat dari kaya sendiri ataupun melalui dunia maya. Begitu pula dengan siswa tentunya akan dapat mengembangkan sumber belajar berbasis web, entri data dan penyediaan data berbasis web, dan pembelajaran semua mata pelajaran berbasis TIK dengan seluruh ruang kelas tersedia perangkat laptop dan infokus serta sistem jaringan intranet. Hal ini bukan tidak mungkin, setelah adanya sarana pembelajaran berbasis TIK di SDN 2 Cihara Kecamatan Cihara Kabupaten Lebak – Banten, akan dapat mengimbangi kemajuan teknologi dibidang pendidikan.


C.   Rencana Pemeliharaan Sarana Pembelajaran Berbasis TIK
          Selain pemanfaatan teknologi tersebut diatas, kami segenap warga  SD Negeri 1 Cihara Kecamatan Cihara Kabupaten Lebak - Banten berkomitmen penuh untuk menjaga, memeihara dan mengamankan, khususnya sarana TIK ini, melalui kerjasama dengan lembaga lain, baik komite sekolah ataupun warga masyarakat di sekitar sekolah.
          Oleh karena itu, SD Negeri 1 Cihara Kecamatan Cihara Kabupaten Lebak - Banten perlu kiranya mendatangkan tekhnisi IT yang handal dalam rangka memberikan cara dan teknik pemeliharaan perangkat-perangkat TIK tersebut.

D.   Rencana Perawatan Sarana Pembelajaran Berbasis TIK
          Kami segenap warga sekolah menganggap bahwa peralatan  TIK tersebut, di SD Negeri 1 Cihara Kecamatan Cihara Kabupaten Lebak - Banten, sebagai barang yang sagat sensitif terhadap perubahan cuaca dan gejala-gejala lain, maka kami berniat untuk mengadakan pengecekan secara periodik perangkat tersebut baik berupa hardware ataupun software, dalam rangka perawatan instensif, demi kelangsungan seluruh perangkat. Tentunya hal ini dibawah bimbingan ahli atau tekhnisi dalam bidanynya yang disesuaikan dengan kondisi kemampuan keuangan sekolah.
          Dengan segenap tekad dan komitmen semua warga sekolah, semua pihak sepakat untuk melakukan perawatan alat pembelajaaran ini dengan melakukan sumbangan dana yang tidak mengikat, seandainya terdapat perangkat atau komponen yang rusak akibat arus listrik, jika dana sekolah tidak teralokasikan untuk penggantiannya.



E.   Dana dan Sumber Dana Perawatan dan Pengembangan Peralatan TIK
Adapun sumber dana yang dimanfaatkan untuk pengembangan dan pemanfaatan sarana TIK di SD Negeri 1 Cihara Kecamatan Cihara Kabupaten Lebak - Banten bersumber dari :
1.   Bantuan/Subsidi Pemerintah Pusat
2.   Bantuan Operasional Sekolah (dana BOS)
3.   Sumbangan dari Komite Sekolah
4.   Bantuan/Hibah dari lembaga lain

BAB IV
PENUTUP

A.   Harapan
          Dari uraian diatas dapat kami simpulkan bahwa, dalam pengadaan peralatan pembelajaran berbasis  TIK diharapkan dapat :

1.    Pembelajaran TIK lebih kontekstual, karena siswa belajar langsung menggunakan komputer, tidak sekedar menghayalkan menggunakan komputer.
2.    Proses belajar mengajar akan lebih nyata, serta guru lebih mudah untuk memanfaatkan TIK sebagai sarana belajar dan sebagai sumber belajar siswa
3.    Siswa akan lebih mudah mencari informasi, dan sumber informasi semakin luas dengan adanya jaringan internet
4.    Guru lebih leluasa untuk mengembangkan diri terutama kompetensinya sebagai guru professional
5.    Pegawai/ Guru akan lebih mudah dalam mengelola data sekolah, sehingga mereka dapat berkomunikasi lebih cepat dan akurat
6.    Terpenuhinya sistem informasi sekolah yang berbasis TIK

B.   Saran-saran

Dengan semakin dibutuhkannya TIK dalam dunia global, maka dapat kami sarankan kepada :
1.    Pemerintah Pusat melalui Departemen Pendidikan Nasional untuk senantiasa memprogramkan pengadaan dan penggunaan TIK secara kontinu sehingga dari tahun ketahun mutu pendidikan terutamanya pada tingkat SD akan semakin meningkat
2.    Pemerintah daerah diharapkan partisipasinya semakin meningkat dengan mengupayakan sumber dana yang ada agar terpenuhinya sarana dan prasarana TIK di SD khususnya di SD Negeri 1 Cihara Kecamatan Cihara Kabupaten Lebak - Banten sesuai dengan SPM.
3.    Kepada pihak lain yang berkompeten dan peduli terhadap dunia pendidikan khususnya pada SD Negeri 1 Cihara Kecamatan Cihara Kabupaten Lebak - Banten  diharapkan partisipasinya tidak putus, bahkan selalu mengadakan koordinasi dan memberikan bantuan baik material maupun moril, sehingga terwujud tamatan SD Negeri 1 Cihara Kecamatan Cihara Kabupaten Lebak - Banten mampu mengembangkan diri di luar sekolah.





 

3 komentar:

  1. KISAH CERITA SAYA ~ SUKSES JADI PNS


    Assalamu Alaikum wr-wb, mohon maaf sebelum'nya saya ingin mempublikasikan KISAH KESUKSESAN saya menjadi seorang PNS, saya ingin berbagi kesuksesan keseluruh pegawai honorer di instansi Pemerintan Manapun, saya sudah 7 tahun saya jadi tenaga honor belum diangkat jadi PNS Bahkan saya sudah 2 kali mengikuti ujian, dan membayar 70 jt namun hailnya nol uang pun tidak kembali, bahkan saya sempat putus asah, pada suatu hari tempat saya honor mendapat tamu istimewa dari salah seorang pejabat tinggi dari kantor BKN pusat karena saya sendiri mendapat penghargaan pengawai honorer teladan, disinilah awal perkenalan saya dengan beliau, dan secara kebetulan beliau menitipkan nomor hp pribadinya 0853-2174-0123 dan 3 bln kemudian saya pun coba menghubungi beliau dan beliau menyuruh saya mengirim berkas saya melalui email, Satu minggu kemudian saya sudah ada panggilan untuk ujian, alhamdulillah berkat bantuan beliau saya pun bisa lulus dan SK saya akhirnya bisa keluar,dan saya sangat berterimah kasih ke pada beliau dan sudah mau membantu saya, itu adalah kisah nyata dari saya, jika anda ingin seperti saya, anda bisa Hubungi Bpk DR. HERMAN. M.SI No beliau selaku direktur aparatur sipil negara di bkn pusat Hp beliau 0853-2174-0123 siapa tau beliau masih bisa membantu anda. Wassalam....

    BalasHapus

Masukan nama sekolah anda !!